Komisi 1 ke Gaza, untuk Apa?


Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) punya tiga fungsi yang harus dikerjakannya. Tiga fungsi itu adalah legislasi, anggaran, dan pengawasan. Dalam sistem tata negara, DPR tidak punya fungsi untuk terlibat dalam hubungan antar negara, karena itu adalah wewenang pemerintah sebagai lembaga eksekutif. Namun, DPR kita ternyata juga ikut melakukan fungsi diplomasi.

Anggota Komisi I DPR, Effendi Choirie, mengatakan bahwa kunjungan Komisi I DPR ke Jalur Gaza ditujukan untuk mendamaikan Palestina dan Israel. Selain ke Gaza, anggota Dewan akan mendatangi negara tetangga Palestina maupun Israel.

“Kunjungan kami untuk keperluan menjaga ketertiban dunia. Kita akan diplomasi, bagaimana Palestina dan Israel itu bisa damai,” kata pria yang biasa disapa Gus Choi itu, Jumat (23/11/2012) di Jakarta.

Gus Choi mengatakan, Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar. Oleh sebab itu, DPR lebih memprioritaskan untuk membantu Palestina. Ia menambahkan, DPR akan membantu Palestina dalam segi politik, edukasi, maupun moral. Menurutnya, Palestina berjuang dengan berat untuk merdeka.

“Sehingga membantu Palestina untuk merdeka adalah bagian tugas kami. Kunjungan kami sekaligus mengumpulkan informasi agar pemerintah bisa menentukan kebijakan membantu Palestina,” ujarnya (kompas.com).

Tujuan DPR untuk menolong Palestina tentulah tidak salah. Karena sebagai sesama manusia, kita harus menolong sesama kita yang sedang mengalami kesusahan, terlepas apapun agamanya. Tetapi jika DPR ke jalur Gaza untuk melakukan diplomasi, maka ada yang salah dari tujuan DPR kesana dalam fungsinya dalam hal legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Apakah DPR merasa pemerintah kita tidak cukup aktif memperjuangkan perdamaian Israel Palestina? Apakah DPR juga merasa tidak cukup perjuangan pemerintah mendukung kemerdekaan Palestina?

Sekali lagi, seperti tulisan saya sebelumnya, saya berharap kunjungan DPR ke jalur Gaza ini tidak jadi ajang menghamburkan uang rakyat tanpa tujuan yang jelas. DPR sengaja memanfaatkan simpati rakyat kepada Palestina untuk mempermudah kunjungan mereka ke Gaza tanpa perlu dikritisi.

Saya juga berharap hal ini bukan sekedar pencitraan dan mencari simpati rakyat. Karena saya sendiri melihat tidak ada gunanya anggota DPR Komisi 1 ke jalur Gaza. Biarlah pemerintah mengerjakan fungsinya dan DPR juga mengerjakan fungsinya. Apalagi pemerintah sudah sangat aktif berjuang dalam konflik Israel-Palestina.

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s