Kunjungan Obama ke Myanmar Bermotif Politik


Jum’at, 23 November 2012 17:04 wib
Foto : Presiden AS Barack Obama (theunrealtimes)

Foto : Presiden AS Barack Obama (theunrealtimes)

JAKARTA – Kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Myanmar pada Senin lalu lebih bertujuan politik daripada ekonomi. Obama datang semata-mata untuk memberikan dukungan terhadap proses reformasi yang sedang terjadi di Myanmar.

Pengamat politk kawasan Asia Tenggara, Vikram Nehru menyatakan, Myanmar saat ini menjalani perubahan politik yang drastis sehingga Obama merasa harus memberikan dukungannya agar proses reformasi tersebut tidak berhenti di tengah jalan. Kunjungan Obama ke Myanmar juga dinyatakan sebagai kunjungan yang bermotif politik.

“Saya kira kunjungan Obama ke Myanmar lebih bermotif politik daripada ekonomi. Masih banyak tantangan yang dihadapi Myanmar, kelompok militer masih memiliki pengaruh yang kuat”, ujar Nehru yang berasal dari lembaga think tank Carnegie Endowmet for International Peace (CEIP), di Wisma Bakrie, Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Nehru juga menjelaskan bahwa dalam kunjungannya Obama berusaha menyeimbangkan dukungannya baik ke Presiden Myanmar, Thein Sein, dan juga ke pemimpin oposisi, Aung San Suu Kyi.

“Selain mengunjungi Presiden Thein Sein Obama juga mendatangi Aung San Suu Kyi dan juga berpidato di Universitas Yangon yang merupakan basis kelompok oposisi, hal itu menunjukkan sikap Obama yang berusaha menyeimbangkan dukungan yang diberikannya ke Myanmar”, jelas cucu dari Jawaharlal Nehru itu.

Sejak presiden Thein Sein memimpin Myanmar, negara tersebut menjalani proses reformasi menuju negara demokratis. Thein Sein mengijinkan kelompok oposisi memasuki parlemen dan membebaskan tahanan politik yanhg dipenjarakan pemerintah. Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi Myanmar salah satunya isu Rohingya.

“Dalam kunjungannya Obama secara jelas meminta isu Rohingya diselesaikan saya kira ia sudah cukup tegas soal itu”, jawab Nehru ketika ditanya tentang sikap Obama terhadap isu Rohingya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s