Operasi Darat Gagal, PM Israel Dianggap Pecundang


Jum’at, 23 November 2012 13:12 wib
Foto : 16 Pasukan Israel membentuk tulisan Ibrani berbunyi,

Foto : 16 Pasukan Israel membentuk tulisan Ibrani berbunyi, “Bibi Pecundang” (Daily Mail)

TEL AVIV – Setelah gencatan senjata antara Israel dan Hamas disepakati, kedua belah pihak yang berseteru justru merayakan kemenangan. Namun sejumlah pasukan Israel yang haus peperangan mengecam hal itu karena mereka menginginkan operasi jalur darat.

Gencatan senjata itu menjadi mimpi buruk bagi 16 pasukan Israel. Mereka terlihat frustrasi dan berbaring di lapangan dan membentuk formasi hingga menyerupai tulisan ibrani yang berbunyi “Bibi (Perdana Menteri Benjamin Netanyahu) pecundang.” Foto dari 16 serdadu Negeri Yahudi dan memicu kontroversi.

Sejumlah pihak menilai, foto itu patut diproses secara hukum, namun beberapa pihak lainnya mengatakan bahwa pasukan-pasukan itu mengalami tekanan dan frustrasi. Mereka jelas dipersiapkan untuk berperang di jalur darat, namun saat ini mereka justru diminta menahan diri. Demikian, seperti diberitakan Times of Israel, Jumat (23/11/2012).

Gencatan senjata dan proses perdamaian itu tidak hanya dikecam oleh 16 militer Israel. Salah seorang ulama senior yang menjadi politisi kawakan Ikhwanul Muslimin Mesir, Mohammed Badie, turut mengecam proses gencatan senjata itu.

Badie mengaku, Israel memang tidak pernah mengerti apapun kecuali peperangan. Oleh karena itu, warga Palestina dan siapapun juga harus mewaspadai tipuan-tipuan dari mereka yang mengatasnamakan “perjanjian damai.”

Setelah Presiden Mesir Mohamed Mursi sukses membuat Israel dan Hamas melakukan gencatan senjata, Badie justru menyuarakan perang suci untuk membebaskan Palestina dari cengkraman Israel. Badie memandang jihad sebagai salah satu kewajiban warga Muslim untuk melawan Israel.

Tanpa disadari, Israel justru menarik manfaat dari gencatan senjata yang disepakatinya dengan Hamas. Negeri Yahudi itu berhasil mendapat pujian dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang berkomitmen untuk memperkuat keamanan Israel. Obama pun mulai merencanakan penguatan sistem pertahanan misil Iron Dome yang sudah berkontribusi melindungi wilayah Negeri Yahudi dari serangan roket.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s