Terkait Misil Patriot, Turki Anggap Rusia Salah


Jum’at, 23 November 2012 19:04 wib
Foto : PM Turki Recep Tayyip Erdogan (Novinite)

Foto : PM Turki Recep Tayyip Erdogan (Novinite)
ISLAMABAD – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menilai, ucapan Rusia mengenai pengerahan Misil Patriot North Atlantic Treaty Organization (NATO) di Turki, salah. Erdogan menganggap ucapan itu sama halnya dengan mengintervensi urusan domestik Turki.

“Saya mendengar, pernyataan Rusia mengenai isu ini sangat tidak benar. Isu itu adalah isu penempatan misil untuk urusan pertahanan,” ujar Erdogan, seperti dikutip Milliet, Jumat (23/11/2012).

“Ini adalah langkah yang diambil untuk mewaspadai munculnya serangan dari Suriah,” tambahnya.

Sebelumnya, Moskow memperingatkan Turki bahwa Misil Patriot yang akan ditempatkan di perbatasan Suriah akan menciptakan marabahaya. Langkah itu juga tidak akan menyelesaikan masalah politik yang muncul di kawasan.

“Militerisasi perbatasan Suriah dan Turki tentu saja akan menciptakan kekhawatiran. Langkah itu tidak akan memunculkan optimisme dalam penyelesaian masalah politik yang ada,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich.

Lukashevich turut berpendapat, langkah Turki dapat memicu oposisi Suriah untuk mengintensifkan serangannya ke para pasukan Suriah dan menolak dialog. Selain memperingatkan Turki, Lukashevich turut mengkritisi Sekretaris Jendral NATO Anders Fogh Rasmussen, terkait pengerahan misil itu, namun Rasmussen membela diri.

Rasmussen menjelaskan, Misil Patriot di perbatasan Suriah akan digunakan untuk mempertahankan wilayah Turki dari serangan misil maupun serangan udara. Misil itu juga akan menjadi strategi penangkalan bagi serangan musuh dan memperkuat stabilitas pertahanan.(AUL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s